Cara Memasak Kue siput/kue garpu Yang Enak

Kue siput/kue garpu. Kali ini aku share cara membuat kue garpu / kue siput yang gurih & renyah. Kue ini cocok banget buat ngemil atau bisa dijadikan kue lebaran. Kukis ini punya rasa gurih yang nggak bikin eneg.

Kue siput/kue garpu Sajikan dengan kopi atau teh hangat. Lihat juga resep Kue Garpu Keju yang Renyah, Kue garpu enak lainnya! Resep kue garpu cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia, meskipun tiap daerah mempunyai sebutan berbeda. Cara membuatnya tidak sulit Kue siput/kue garpu menggunakan 8 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Kue siput/kue garpu

  1. Dibutuhkan 300 gram terigu.
  2. Dibutuhkan 50 gram tepung sagu.
  3. Dibutuhkan 1 butir telur (kocok lepas).
  4. Dibutuhkan 50 gram margarin (cairkan).
  5. Dibutuhkan 1 saset kaldu bubuk.
  6. Dibutuhkan 3 batang seledri.
  7. Dibutuhkan secukupnya ikan teri (bisa di skip).
  8. Siapkan secukupnya air.

Misalnya di Semarang kue garpu Terlepas apapun sebutannya, kue garpu adalah jenis kue renyah yang cocok untuk santapan di waktu santai. Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Tapi kue kering ini juga punya beberapa nama lain seperti kue Klatak di Semarang, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut.

Cara Pembuatan Kue siput/kue garpu

  1. Siapkan bahan yg di perlukan.
  2. Campur rata tepung terigu,sagu,kaldu bubuk dan daun seledri dalam wadah.
  3. Masukan telur dan margarin cair aduk rata.
  4. Masukan air sedikit demi sedikit kemudian uleni hingga kalis.
  5. Ambil secuil adonan kemudian cetak di sendok garpu sampai habis.
  6. Goreng hingga kuning kecoklatan.

Hidangan kue garpu biasanya akan banyak kita jumpai saat momen lebaran tiba. Kue dengan nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah ini selalu menjadi Sementara di Tasikmalaya Jawa Barat, kue ini disebut dengan kue 'Kekewukan' sebab bentuknya yang seperti kewuk atau siput laut. Di sebut kue garpu karena di buat cetakan dari garpu, tetapi ada beberapa kota yang menyebutnya dengan nama yang lain seperti di kota tasikmalaya " kekewukan" karena bentuknya mirip siput atau kewuk, kota semarang " klatak" karena bunyi ketika di makan kletak-kletak, dan kota yang lainnya. Kue Garpu - Resep Cara Membuat Kue Kering. Kue garpu berikut ini merupakan kue garpu manis karena rasanya manis karena gula dan susu kental manis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel