Resep *putu mayang* Untuk Pemula

*putu mayang*. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Lihat juga resep Putu Mayang UniCorn, Putu Mayang enak lainnya!

*putu mayang* Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak. Kue putu mayang (Javanese: ꦥꦸꦠꦸꦩꦪꦁ, romanized: putu mayang) is an Indonesian string hopper dish made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine. Cara membuatnya tidak susah *putu mayang* menggunakan 12 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan *putu mayang*

  1. Siapkan 250 gram tepung beras.
  2. Siapkan 100 gram tepung kanji/sagu.
  3. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir.
  4. Siapkan 500 ml santan.
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Siapkan Secukupnya pewarna merah dan pasta pandan.
  7. Siapkan Saus kinca :.
  8. Dibutuhkan 150 gram gula merah.
  9. Siapkan 50 gram gula pasir.
  10. Siapkan 500 ml santan.
  11. Siapkan 1 sdm tpg maizena utk pengental.
  12. Dibutuhkan 1 lbr daun pandan (tambahan saya).

Resep putu mayang ini adalah memasukkan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Itulah resep kue putu mayang yang bisa menggoyangkan lidah Anda. Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Putu mayang, kue berbentuk seperti untaian benang kusut beraneka warna yang disantap dengan kuah gula merah, juga merupakan salah satu penganan tradisional yang sering muncul kala bulan.

Langkah Pembuatan *putu mayang*

  1. Buat saus kinca, rebus semua bahan hingga gula larut lalu masukkan maizena yg dicairkan dan aduk terus hingga mengental, angkat, dinginkan..
  2. Campur santan, tepung beras, gula dan garam, aduk hingga larut lalu masak dg api sedang sambil diaduk terus hingga mengental, angkat dan biarkan dingin..
  3. Setelah dingin tuang dalam baskom agak besar kemudian masukkan tepung sagu sedikit2 sambil diaduk hingga tercampur rata dan kalis. Lalu bagi jadi 3 bagian dan beri warna merah, pasta pandan dan satu lagi biarkan putih..
  4. Masukkan dalam piping bag, gunting ujungnya sedikit saja lalu semprotkan seperti mie yg menumpuk diatas loyang yg sudah dioles minyak atau dialas daun pisang. (saya cetak dengan cetakan cendol), karena dengan piping bag rawan jebol. Lakukan hingga adonan habis lalu kukus selama 15 menit dg kukusan yg sudah panas dan tutupnya dibungkus dg serbet bersih. Matang, angkat, biarkan dingin..
  5. Lepaskan dari loyang, sajikan dg disiram dg saus kinca..

Kue putu mayang yang satu ini begitu enak dan nikmat, siraman kuahnya membuat kue ini terasa lebih spesial. Kue putu mayang merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari betawi. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan warna-warna menarik. Tapi kue ini sudah jarang ditemukan, kalau pun ada, kue ini muncul saat acara-acara tertentu saja. Info Promosi Diskon Belanja Lomba Pameran Event Expo FestivalTerlengkap di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel