Resep Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan Kekinian

Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan. Petulo disebut juga patulak, atau putu mayang. Jajanan mirip mie berkuah santan manis. Terbuat dari bahan dasar TEPUNG BERAS, TEPUNG KANJI, GULA PUTIH, SANTAN, DAUN PANDAN dan.

Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan Hasilnya itu tetap cantik tampilannya, rasanya enak dan manis. Salah satu kue tradisional favorit aku & suami nih. Sebenernya dari dulu nih paksu minta dibikinin ini, cuma karna gak punya cetakan baru dehh sekarang bikinnnya, itu pun tanpa cetakan yah. tapiii. Cara membuatnya cukup mudah Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan menggunakan 13 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan

  1. Dibutuhkan 300 gram tepung beras.
  2. Siapkan 100 gram tepung sagu tani.
  3. Siapkan 4 sdm gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  5. Siapkan 600 ml santan.
  6. Siapkan Secukupnya pewarna makanan.
  7. Siapkan Secukupnya daun pisang untuk alas kukus.
  8. Siapkan Bahan Kuah Kinca:.
  9. Dibutuhkan 700 ml santan.
  10. Dibutuhkan 100 gram gula merah/aren.
  11. Dibutuhkan 3 lembar daun pandan.
  12. Dibutuhkan Sejumput garam.
  13. Dibutuhkan 1 sdm maizena, larutkan dg 4 sdm air.

Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Masukkan adonan ke dlm plastik segitiga. Untuk membuatnya, diperlukan cetakan khusus agar terbentuk sulur-sulur mie yang bisa ditumpuk.

Cara Pembuatan Putu Mayang (Petulo) tanpa cetakan

  1. Dalam panci, masukkan tepung beras + gula + garam dan santan, aduk rata, masak dengan api kecil hingga mengental dan menggumpal. Matikan api..
  2. Tambahkan tepung sagu, uleni hingga tercampur rata..
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata, beri warna yang berbeda pada masing adonan. Me: merah, hijau, ungu..
  4. Masukkan masing2 adonan ke dalam piping bag. Kemudian semprotkan ke atas daun pisang. (Bagi yang punya cetakan putu mayang, silahkan dipakai cetakannya biar lbh mudah)..
  5. Setelah sudah tercetak semua, kukus selama +/- 5 menit. Angkat dan sisihkan..
  6. Kuah Kinca : Masukkan gula merah/aren, santan, garam dan daun pandan, masak dengan api kecil hingga mendidih. Kemudian tambahkan larutan maizena, aduk rata dan angkat..
  7. Putu mayang siap dinikmati bersama dg kuah kinca.. yuummmieehh....

Kue ini biasa disajikan dengan siraman kuah saus yang manis legit dan gurih dari perpaduan gula merah dan santan. Sementara putu mayang adalah petulo versi Jawa yang biasa di hidangkan kering atau berkuah bentuknya seperti gethuk lindri yang di gulung Ini dia resep petulo atau putu mayang sederhana enak. Merdeka.com - Petulo atau putu mayang adalah panganan yang sering disajikan bersama angsle. Kadang juga disajikan terpisah dengan kuah santan dan gula Cara Membuat Petulo atau Putu Mayang: Masak tepung beras, garam, dan santan dalam panci dengan api sedang sambil terus diaduk. Putu Mayang or Petulo is a sweet desert commonly found in Central Java, Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel