Cara Membuat Putu mayang jambu biji Yang Renyah

Putu mayang jambu biji. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak terlalu mengembang.

Putu mayang jambu biji Tidak perlu khawatir karena bahan bahan ini sangat mudah untuk ditemukan Rasanya tak lengkap jika menyantap putu mayang tanpa menggunakan saus tambahan untuk penyedapnya. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan warna-warna menarik. Tapi kue ini sudah jarang ditemukan, kalau pun ada, kue ini muncul saat acara-acara tertentu saja. Cara membuatnya cukup mudah Putu mayang jambu biji menggunakan 7 bahan dan 10 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Putu mayang jambu biji

  1. Siapkan 150 gr tepung beras.
  2. Dibutuhkan 200 gr jambu biji.
  3. Siapkan 1/2 sdt garam.
  4. Siapkan Secukupnya santan(1/2 butir kelapa).
  5. Siapkan 50 gr sagu.
  6. Siapkan Secukupnya warna merah(ini pake 20 tetes).
  7. Siapkan Secukupnya kelapa parut.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal bisa bikin ngiler, nih! Baik jambu biji putih maupun jambu biji merah keduanya memiliki banyak manfaat ya bagi tubuh kita semua. Jambu biji merupakan tanaman buah yang berasal dari daratan amerika tepatnya di amerika tengah dan amerika selatan seperti meksiko, brazil, Venezuela dan lainnya. buah jambu biji yang. Manfaat daun jambu biji tidak hanya dapat mengatasi diare, tetapi masih banyak lainnya.

Langkah Pembuatan Putu mayang jambu biji

  1. Kupas jambu biji lalu blender dengan secukupnya santan hingga halus lalu saring.Takar hingga 300 ml bila kurang tambahkan lagi santan.
  2. Dalam wajan masukan blenderan jambu biji,tepung beras,garam aduk rata beri warna merah secukupnya aduk rata lalu nyalakan kompor dengan api kecil masak hingga mengental sambil di aduk terus dengan sendok kayu.matikan kompor.
  3. Pindahkan dalam wadah lalu masukan sagu aduk dengan sendok karena masih panas.
  4. Setelah adonan hangat uleni dengan tangan hingga rata.
  5. Panaskan kukusan.
  6. Masukan adonan dalam cetakan putu mayang lalu tekan di atas daun pisang(me:cetakan rakik)yang sudah di oles minyak.
  7. Ini adonan yang sudah selesai di cetak.
  8. Lalu masukan dalam kukusan yang telah di panaskan kukus selama 15 menit dengan api sedang lapisi tutup kukusan dengan kain bersih.
  9. Ini putu mayang yang sudah di matang.
  10. Sajikan PUTU MAYANG JAMBU BIJI dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah di kukus dengan garam.

Manfaat daun jambu biji sudah lama dikenal dapat mengobati diare. Ternyata tidak hanya itu, daun ini berkhasiat mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk sebagai anti-bakteri hingga anti-tumor, lho! Putu Mayang, salah satu jajanan pasar favorit. Pas berpadu dengan tambahan saus kinca. Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel