Resep Putu mayang Yang Renyah

Putu mayang. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Lihat juga resep Putu Mayang UniCorn, Putu Mayang enak lainnya!

Putu mayang This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine. We love to eat, cook, and bake especially Indonesian snack. This video will show you how to make Indonesian traditional sweet snack called Putu Mayang. Cara membuatnya tidak susah Putu mayang menggunakan 13 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Putu mayang

  1. Siapkan Bahan putu.
  2. Siapkan 200 gr tepung beras.
  3. Siapkan 70 gr tepung tapioka.
  4. Dibutuhkan 500 ml santan.
  5. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  6. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  7. Dibutuhkan Pewarna makanan.
  8. Dibutuhkan Bahan saus.
  9. Dibutuhkan 400 ml santan.
  10. Dibutuhkan 160 gr gula merah.
  11. Dibutuhkan 1 sdm tepung beras.
  12. Siapkan 1/2 sdt garam.
  13. Siapkan 1 lbr daun pandan.

Resep putu mayang ini adalah memasukkan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Itulah resep kue putu mayang yang bisa menggoyangkan lidah Anda. Kue putu mayang is an Indonesian string hopper made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. Putu mayang, kue berbentuk seperti untaian benang kusut beraneka warna yang disantap dengan kuah gula merah, juga merupakan salah satu penganan tradisional yang sering muncul kala bulan.

Cara Pembuatan Putu mayang

  1. Pertama, buat sausnya terlebih dahulu. Masukkan santan,gula merah,daun pandan dan garam. Aduk aduk sampai gula larut. Aduk terus ya agar santan tidak pecah. Lalu masukkan tepung beras yang sdh dilarutkan dgn air masukkan. Aduk aduk sampai mendidih lalu sisihkan..
  2. Selanjutnya,buat adonan putu nya. Masukkan santan, tepung beras,gula, garam..aduk aduk hingga tercampur rata (nb: kompor dalam keadaan mati ya).
  3. Setelah tercampur, hidupkan kompor. Aduk2 hingga adonan mengental. Jangan terlalu lama ya.. nanti adonan menjadi keras 😁 setelah itu diamkan sebentar..
  4. Setelah adonan agak dingin, masukkan tepung tapioka. Aduk aduk sampai adonan kalis,lalu bagi menjadi 3 bagian..
  5. Masing masing beri warna, (me pake warna hijau,ungu dan putih) untuk warna terserah yaaa😁😁. Setelah diwarna, masukkan di plastik segitiga..
  6. Setelah itu,cetak masing masing warna. Beri alas daun ya...
  7. Setelah semuanya selesai,kukus selama kurleb 5 menit. Atau warna berubah agak mengkilat 😁.
  8. Setelah semuanya selesai, sajikan dengan saus gula merah yang dibuat tadi. Selesai dehh. Selamat mencoba 😉👍🏻.

Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Kue putu mayang yang satu ini begitu enak dan nikmat, siraman kuahnya membuat kue ini terasa lebih spesial. Kue putu mayang merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari betawi. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan warna-warna menarik. Tapi kue ini sudah jarang ditemukan, kalau pun ada, kue ini muncul saat acara-acara tertentu saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel