Resep Putu mayang (tanpa cetakan) Untuk Pemula

Putu mayang (tanpa cetakan). Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap cantik menarik. Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Padahal rasanya itu enak dan lembut, bisa bikin ketagihan.

Putu mayang (tanpa cetakan) Rasanya tak lengkap jika menyantap putu mayang tanpa menggunakan saus tambahan untuk penyedapnya. Adonan yang sudah siap ini kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kue putu mayang yang sudah disiapkan sebelumnya. Lihat juga resep Putu Mayang UniCorn, Putu Mayang enak lainnya! Cara membuatnya tidak susah Putu mayang (tanpa cetakan) menggunakan 12 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Putu mayang (tanpa cetakan)

  1. Siapkan 150 gr tepung beras.
  2. Siapkan 3 sdm tepung tapioka.
  3. Siapkan 300 ml santan kental.
  4. Siapkan Secukupnya pasta merah.
  5. Dibutuhkan Secukupnya pasta hijau.
  6. Siapkan Kuah kinca :.
  7. Siapkan 2 1/2 blok gula merah (iris tipis).
  8. Dibutuhkan 250 ml santan kental.
  9. Siapkan 100 ml air.
  10. Siapkan 2 lbr daun pandan (simpulkan).
  11. Siapkan Sejumput vanilli bubuk.
  12. Dibutuhkan 1 sdt maizena (u/mengentalkan kuah kinca).

Resep Membuat Putu Mayang Lembut Kenyal dan Enak. Cari produk Cetakan Kue lainnya di Tokopedia. Untuk membuatnya, diperlukan cetakan khusus agar terbentuk sulur-sulur mie yang bisa ditumpuk. Kue ini biasa disajikan dengan siraman kuah saus yang manis legit dan gurih dari perpaduan gula merah dan santan.

Cara Pembuatan Putu mayang (tanpa cetakan)

  1. Tuang tepung beras & santan kental aduk2 hingga tepung beras tidak ada yg bergrindil. Nyalakan api kompor dengan api kecil sambil trus diaduk hingga mengental setelah mengental matikan api kompor campur dengan tepung tapioka secara bertahap aduk2 kembali hingga tercampur rata.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing2 diberi beberapa tetesan pasta lalu ratakan hingga adonan menjadi berwarna. 1 bagian adonannya tidak usah dikasih pasta biarkan putih tanpa pasta warna.
  3. Masukkan masing2 adonan ke dalam piping bag lalu gunting kecil bagian ujung plastik. Siapkan kertas baking lalu semprotkan bentuk melingkar (kalo adonan yg pas takarannya tidak akan putus saat dibentuk) adonan diatas kertas baking. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan kukusan & kukus putu mayang selama 15menit.
  5. Cuci daun pandan lalu simpulkan. Masak santan, garam, daun pandan & gula merah aduk2 santan jangan sampai pecah santannya. Setelah mau mendidih santannya tuang maizena aduk2 kembali jika sudah meletup2 matikan api kompor.
  6. Tata putu mayang diwadah lalu siram dengan kuah kinca. Selamat mencoba 😊😊.

Untuk membuat resep putu mayang ini, anda memerlukan cetakan khusus. Satu ujung cetakan terdapat lobang-lobang tempat keluarnya adonan, sedangkan disisi yang lain berlobang penuh. Kue putu mayang yang satu ini begitu enak dan nikmat, siraman kuahnya membuat kue ini terasa lebih spesial. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan. Arti Kata putu mayang adalah pu·tu ma·yang n penganan yg dibuat dr tepung beras yg dibentuk spt mi, dimakan dng kinca bercampur santan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel