Resep Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah) Legit dan Nikmat

Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah). Lihat juga resep Kue Dongkal, Kue Dongkal ala Naila enak lainnya! Cara membuat kue dongkal (dodongkal) mirip dengan kue putu, keduanya sama sama dibuat dari tepung beras yang diberi isian gula merah lalu dikukus dan diberi taburan kelapa parut. Perbedaan kedua kue ini ada pada proses.

Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah) Makin nyaris terlupakan, Kue Dongkal sebenarnya punya cita rasa yang lezat, cocok disantap sembari ditemani menyeruput teh atau kopi hangat. Dongkal melibatkan alat khusus bernama aseupan (kukusan) dari anyaman bambu berbentuk kerucut. Aseupan bakal diisi tepung beras dan gula aren. Cara membuatnya tidak susah Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah) menggunakan 7 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah)

  1. Dibutuhkan 150 gr Tepung Beras.
  2. Dibutuhkan 150 gr kelapa muda parut (kupas kulit).
  3. Dibutuhkan 1/5 sdt gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1/5 sdt Vanili bubuk.
  5. Dibutuhkan secukupnya Garam.
  6. Siapkan Gula merah untuk toping (iris tipis).
  7. Dibutuhkan Kelapa parut (toping).

Baik kue dongkal atau putu, sama-sama disajikan dengan parutan kelapa. Perbedaannya, kue putu dimasak dalam pipa yang terbuat dari bambu, sedangkan kue Kue putu diberi gula merah pada satu bagian saja, sedangkan pada kue dongkal adonan tepung beras diselang-seling dengan gula merah. Dodongkal atau Dongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung.

Cara Pembuatan Kue Dongkal mini / Kue Berkel (kue beras & kelapa isi gula merah)

  1. Campur dalam wadah tepung beras, kelapa, vanili, gula pasir, garam. Uleni dengan tangan hingga rata.
  2. Ambil cetakan kue bolu kukus, lumuri dengan minyak goreng. Masukan adonan dalam cetakan sampai setengah bagian (tekan2), kemudian beri gula merah, lalu tutup kembali dengan adonan. Kukus.
  3. Angkat kue, keluarkan perlahan dalam piring, beri kelapa (bisa dikukus terlebih dahulu). Sajikan selagi hangat...

Kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus. Kue yang menjadi warisan nenek moyang ini rasanya enak. Kue wajik betawi terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula, santan, dan parutan kelapa. Kue dongkal bisa disantap untuk menahan lapar beberapa saat karena dibuat dari tepung beras. Kue dongkal sekilas mirip dengan kue putu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel