Cara Memasak Kue ketawa / onde onde ketawa Yang Gurih

Kue ketawa / onde onde ketawa. Bila menginginkan onde-onde yang 'senyum', bisa langsung goreng seperti biasa. Tapi jika ingin onde-onde yang 'ngakak', bisa digunting sedikit permukaannya sebelum digoreng. Kue onde-onde memiliki berbagai macam jenis, dan mengapa kue onde-onde kali ini disebut dengan onde-onde ketawa?

Kue ketawa / onde onde ketawa Onde-onde adalah kudapan, kue goreng atau makanan ringan sebagai cemilan dan termasuk jenis kue basah tradisional dengan dimasak dengan cara di goreng tapi tetap empuk dan lembut dan ada yang renyah garing kriuk, sehingga disebut onde onde pecah dan di Sumatera disebut Roti Ketawa. Sebenarnya resep kue onde onde bulat jawa dengan baluran wijen dan resep cara bikin onde onde ketawa kering renyah sama, hanya berbeda cara membuat onde onde saja. inilah proses cara buat onde onde wijen komplit. Bahkan anda bisa juga lho mencoba bikin kreasi onde onde sendiri. Cara membuatnya cukup mudah Kue ketawa / onde onde ketawa menggunakan 13 bahan dan 7 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue ketawa / onde onde ketawa

  1. Siapkan Bahan adonan:.
  2. Siapkan 250 g tepung terigu.
  3. Siapkan 30 g tepung maizena.
  4. Dibutuhkan 120 g gula pasir (sesuai selera).
  5. Siapkan 2 butir telur.
  6. Dibutuhkan 1/4 sdt soda kue.
  7. Siapkan 1/2 sdt vanili.
  8. Siapkan 1/2 sdt baking powder.
  9. Siapkan 40 g margarin.
  10. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  11. Siapkan Bahan balutan.
  12. Siapkan secukupnya Air.
  13. Dibutuhkan 100 g wijen (secukupnya).

Mendengarkan resep onde onde ketawa bahan onde onde ngakak cara membuat onde onde merekah. Namanya yang unik ini terinspirasi dari bentuk kue yang merekah lebar seperti orang yang sedang tertawa. Resep kue onde onde praktis dan simple, Kue tradisional yang satu ini menjadi jajanan pasar yang cukup laris. Onde Ketawa Mini adalah variant baru dengan ukuran lebih kecil (sebesar kelereng), yang tentu dibuat dari bahan-bahan bermutu, berkualitas dan sehat serta halal yang pastinya menghasilkan rasa yang gurih, lebih renyah dan tahan lama.

Langkah Pembuatan Kue ketawa / onde onde ketawa

  1. Kocok telur dan gula sampai gula larut.
  2. Masukkan margarin, garam, soda kue, baking powder, dan vanili aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit setelah tercampur masukkan tepung maizena aduk rata.
  4. Setelah tercampur rata bulatkan sesuai selera besar kecilnya.
  5. Celupkan adonan yang sudah di bulatkan kedalam air lalu gulingkan ke wijen. Tekan pelan agar wijen lebih menempel.
  6. Goreng pada minyak panas api kecil. Jangan lupa di balik agar matang merata. Kalau sudah coklat keemasan bisa di angkat dan di sajikan. Videonya bisa cek di sini ya https://youtu.be/R9goqPvAvDc.
  7. Buat lagi, ukurannya lebih kecil.

Onde Ketawa Mini ini sangat pas untuk camilan dalam segala. Nama yang cukup unik untuk panganan khas jakarta ini namun jika dilihat dari segi bentuknya memang hampir mirip kue roti goreng atau apem bunga mekar tapi tetap secara rasa dan teksturnya sangat berbeda. Nah, penganan jenis ini mudah kita temukan dipasaran. Onde-onde ketawa memang bikin ketawaaa 😀. Onde-onde merupakan camilan tradisional khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sekali, tidak hanya di Indonesia saja tetapi camilan satu ini juga sudah Untuk membuat camilan onde-onde ketawa ini sebenarnya sangatlah mudah sekali, bahkan tanpa skill khusus pun Anda bisa membuatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel