Resep Kue Lontar Yang Gurih

Kue Lontar. Jejak Si gundul - Kue Lontar. Lihat juga resep Kue lontar khas papua enak lainnya! Kue lontar mini original dan kue lontar mini topping buah.

Kue Lontar Kue yang manis dan gurih ini adalah kue lontar yang tidak jauh berbeda dengan Pie Susu. Kue lontar merupakan salah satu sajian kue khas Nusantara yang memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Kue lontar dulu sering digunakan dalam acara-acara dan tradisi di Indonesia. Cara membuatnya tidak sulit Kue Lontar menggunakan 9 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue Lontar

  1. Siapkan Bahan Crust.
  2. Dibutuhkan 200 gr tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 75 gr margarin / blueband.
  4. Siapkan 1 kuning telur.
  5. Siapkan Filling.
  6. Siapkan 5 telur utuh.
  7. Dibutuhkan 1 kaleng SKM.
  8. Dibutuhkan 1 kaleng susu Air panas (pakai sisa kaleng susu).
  9. Dibutuhkan 1 sdt vanilla extract.

Resep Membuat Olahan Kue Lontar Yang Enak dan Praktis mudah. Kue lontar ini saya dapet resep dari salah seorang tante saya yang tinggal di Sorong Papua,kue ini berbahan dasar yang mudah didapat, seperti tepung, mentega, telur, susu. Menurut beberapa sumber sejarah kue lontar ini awalnya berasal dari jaman belanda, dalam bahasa Belandanya kue ini disebut Rontart( atau kue bundar) dibakar di piring khusus keramik jaman dulu. Kue yang sekilas berbentuk mangkuk ini mirip dengan pie susu.

Langkah Pembuatan Kue Lontar

  1. Campur tepung dan mentega dan kuning telur (dikocok) jadi satu.remas2 pakai jari hingga menjadi remahan biskuit..
  2. Bulatkan dan bungkus dengan plastik.diamkan di kulkas selama 15menit.
  3. Campur bahan filling dan aduk rata..
  4. Keluarkan bahan crust dr kulkas dan bentuk di pyrex atau piring lontar. tusuk tusuk pake garpu bagian tengahnya lalu panaskan dulu selama 15mnt di dalam oven..
  5. Tuang bahan filling ke dalam piring (sambik di saring) dan masukkan ke oven.tunggu 20 - 30 mnt..

Rasa manis dan gurih membuat Kue Lontar menjadi sajian khas istimewa masyarakat Papua ketika ada acara perayaan. Fimela.com, Jakarta Pernah dengar kue lontar? Kue lontar bisa dibilang merupakan pie susu khas Papua. Biasanya dibuat dengen menggunakan cetakan besar. Nama kue lontar sendiri diketahui berasal dari bahasa Belanda londart.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel