Cara Memasak Putu Mayang Habang Anum Yang Renyah

Putu Mayang Habang Anum. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Cara buat putu mayang yang lembut kenyal gurih enak banget.

Putu Mayang Habang Anum Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak terlalu mengembang. Campur tepung beras, gula, garam, dan santan, aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga menggumpal. Cara membuatnya cukup mudah Putu Mayang Habang Anum menggunakan 11 bahan dan 7 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Putu Mayang Habang Anum

  1. Dibutuhkan 2 keping bihun jagung.
  2. Siapkan 3 sdm tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan Secukupnya pewarna/pasta makanan (me: pasta es doger).
  4. Dibutuhkan Secukupnya air untuk merebus bihun.
  5. Dibutuhkan Bahan Kuah Kinca:.
  6. Dibutuhkan 100 gr gula merah.
  7. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  8. Siapkan 400 ml air.
  9. Dibutuhkan 1 lembar daun pandan.
  10. Siapkan Sejumput garam.
  11. Dibutuhkan 65 ml santan instan (sun kara).

Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu mayang. Tekan sambil ditampung di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kue putu mayang adalah kue basah indonesia yang termasuk kategori jajanan pasar khas nusantara. Keberadaan kue putu mayang ini sekarang sudah jarang ditemukan.

Langkah Pembuatan Putu Mayang Habang Anum

  1. Siapkan bahan yang diperlukan.
  2. Didihkan air, kemudian masukkan bihun, masak sampai bihun mekar. Angkat dan tiriskan.
  3. Gunting bihun kira-kira panjangnya 3-4 cm agar mudah dimasukkan dalam cetakan. Kemudian tambahkan tepung tapioka, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan pewarna makanan secukupnya, aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata..
  4. Siapkan cetakan, masukkan bihun ke dalam cetakan sambil ditekan-tekan, lakukan sampai bihun habis.
  5. Panaskan panci kukusan, kukus bihun selama 10 menit (tutup panci dialas dengan kain).
  6. Cara membuat kuah kinca: masukkan bahan kuah kinca kecuali santan ke dalam panci, rebus sampai mendidih dan gula merah larut. Tambahkan santan, aduk rata, rebus sampai santan terlihat mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  7. Cara penyajian: siapkan piring saji, tata putu mayang (bihun yang sudah dikukus) dipiring saji, kemudian siram dengan kuah kinca, Wadai Putu Mayang Habang Hanum siap disajikan 😊.

Padahal kue putu mayang ini enak dan dulu sangat mudah ditemukan di pasar pasar tradisional sampai dijajakan secara kelilih. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan warna-warna menarik. Kamu juga bisa membuatnya di rumah lho, yuk langsung coba bikin resep di bawah ini! Pencinta camilan manis mungkin sudah gak asing lagi dengan makanan asal Betawi ini. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel